Senin, 09 Januari 2012

Asal Usul Penemuan Keping CD

cd blank
Pasti sekarang ini anda sudah akrab dengan yang mamanya keping cd, saya yakain untuk anda yang memiliki komputer atau vcd player pasti pernah melihat bahkan memegangnya atau anda juga yang menjual cd kosong yang bisa digunakan untuk menyimpan data atau musik kesayangan anda ataupun film karya anda.

Keping yang memiliki permukaan reflektif ini sudah sangat banyak manfaatnya yang kita rasakan, diantaranya sebagai tempat penyimpan data gambar hingga gambar berjalan / filem.
Tapi tahukan anda siapakah penemu keping cd?

Perkembangan keping cd hingga dapat dinikmati oleh kita pada saat ini tidaklah mudah dan cepat langsung jadi. ada beberapa kegagalan yang berhasil di perbaiki dari penemuan awal nya.

Pada awalnya compact disc pertama lahri dari seorang penggila musik yang tidak puas dengan kualitas musik yang dihasilkan dari piringan hitam yang dimainkan gramafon ia bernama James T. Russel.

James menemukan sebuah cara untuk penyimapanan data dengan menggunakan cahaya laser, dengan teknologi yang dia gunakan sebuah data dapat di simpan dalam sebuah piringan yang sensitif cahaya.


Pada tahun 1972 tercipta sebuah video disc berwarna pertama yang di hasilkan oleh Seoarang ilmuan ahli fisika dari Phillips Research yaitu Klass Compaan dan Pier Kramer, tapi karena masih banyak kelemahannya karya mereka tidak dapat di publikasikan. Pada saat yang bersamaan Phillips meluncurkan audio Cd pertama ke pasaran tapi ternyata masih gagal juga karena saat proses menerjemahkan data tidak berhasil.

Kemudian pada tahun 1978 Phillips bekerja sama dengan Sony dan membuat stadr baku untuk pembuatan CD. Standar baku ini akhirnya berhasil diluncurkan kepasan 2 tahun kemudian dengan bentuk audio digital compact disc, Ditahun 1982 digital compact disc ini baru diluncurkan secara resmi di Eropa dan Jepang, Hingga tahun 1983 CD dipasarkan di Amerika.



Baca Selanjutnya : Profil Penemu Keping CD
Baca Sebelumnya

0 komentar:

Posting Komentar